PEMKAB PANGANDARAN GELAR MUSRENBANG RPJMD 2021 - 2026

Posted by Operator Pemkab | 2021-05-27 14:51:36 | 455 kali dibaca

Image

by Operator Pemkab 2021-05-27 14:51:36 Berita Daerah

PROKOPIM - Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)  Kabupaten Pangandaran Tahun 2021. Digelar pada, Selasa, 20/5/2021, bertempat di Ballroom Hotel Pantai Indah Timur Pangandaran.

Musrenbang RPJMD mempunyai tujuan untuk menyampaikan Rancangan RPJMD Kabupaten Pangandaran Tahun 2021-2026, dalam upaya melakukan sinkronisasi kebijakan prioritas daerah jangka menengah dengan perspektif arah pembangunan nasional, serta mendapatkan masukan substansi untuk penyempurnaan kebijakan, strategi, dan program prioritas guna menyusun Rancangan Akhir RPJMD Kabupaten Pangandaran Tahun 2021-2026 sebelum ditetapkan menjadi Perda.

Hadir pada kesempatan ini Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata, Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan, Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran, Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Drs. H. Kusdiana, M.M, Perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Forkopimda, Ketua TP PKK Kabupaten Pangandaran Hj. Ida Nurlela Jeje Wiradinata, Ketua IKIAD, Ketua MUI dan Kepala KEMENAG, Kepala SKPD, Camat , Kepala Desa, organisasi kepemudaan, dll.

Sehubungan dengan masa pendemi covid-19, kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid yakni daring juga dengan tatap muka.

Dalam sambutannya Bupati Pangandaran menuturkan musrenbang ini merupakan salahsatu jalan pembangunan pangandaran, untuk itu perlu dibangun kebersamaan semua stakeholder.
“Hari ini kita sedang membuka satu jalan bagaimamana kedepan kita akan bangun Pangandaran, tanpa kebersamaan yang kita bangun niscaya pekerjaan itu akan dicapai, oleh karena itu mari bangun kemitraan untuk sama - sama membangun pangandaran,” katanya.

Menurutnya melalui RPJMD ini akan mentukan konsep pembangunan Kabupaten Pangandaran kedepan. 
“Tugas Saya dengan Pak Wabup membuat induk konsep pengembangan pembangunan Kab. Pangandaran lima tahun kedepan, kita tentu akan menyampaikan rancangan perda tentang RJPMD untuk mendapat pembahasan dan persetujuan dari DPRD," ungkapnya.

Ia pun berharap RPJMD yang sedang disusun tersebut bisa mewadahi isu-isu strategis pembangunan Kabupaten Pangandaran.
“Tentu pada Musrenbang hari ini ada masukan, Saya kira nanti di pembahasan DPRD, uji publiknya, konsultasi publiknya dibuka sehingga mudah-mudahan peraturan daerah tentang RPJMD 2021 -2026 sudah mewadahi isu-isu strategis yang akan kita jawab dengan bebagai program di tahun 2021- 2026,” Tuturnya.

Dalam kesempatan ini beliau pun menyampaikan visi, misi Kabupaten Pangandaran 2021 – 2026.

Visi pembangunan lima tahun ke depan yaitu “Pangandaran Juara Menuju Wisata Berkelas Dunia Yang Berpijak Pada Nilai Karakter Bangsa”. 
Untuk mewujudkan visi di atas, didukung oleh 6 misi yaitu :
1. Mengembangkan wisata dengan memperluas akses dan penataan berkelanijutan;
2. Mengembangkan aksesibilitas pendidikan sampal perguruan tinggi, dan peningkatan kesejahteraan tenaga kependidikan serta peningkatan kompetensi lulusan;
3. Meningkatkan ketahanan ekonomi dan sosial yang berkeadilan berbasis potensi lokal;
4. Mewujudkan kehidupan masyarakat yang beriman, taqwa, dan mewujudkan kerukunan kehidupan beragama;
5. Mewujudkan reformasi birokrasi yang melayani, efektif, efisien, dan akuntabel;
6. Menigkatkan pembangunan infrastruktur, penataan ruang, dan mitigasi bencana yang terintegrasi dan berkelanjutan.

 

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran